Dari www.ebsoft.web.id

Beberapa waktu terakhir muncul banyak “Antivirus Palsu” yang bisa berbahaya jika terinstall di komputer. Jika kita sedang browsing dan tiba-tiba muncul pesan untuk menginstall program atau antvirus tertentu atau pesan bahwa komputer kita terinfeksi virus, trojan, spyware dan sejenisnya, maka harus berhati-hati, bisa-bisa komputer kita di install antivirus palsu.

Mengapa Antivirus palsu ? karena melihat tampilan dan proses kerjanya, kita akan yakin bahwa program ini benar-benar antivirus atau anti spyware, malware dan sejenisnya dan hampir tidak tampak bahwa program ini menyimpan maksud tertentu diluar tampilannya yang terkesan antivirus.

Dalam dunia Virus-Antivirus (security), program ini masuk dalam kategori Rogue Security Program, yaitu software yang mengaku men-scan/mendeteksi malware ( virus, trojan, worm, spyware dan sejenisnya) atau berbagai masalah lain di komputer, tetapi pada dasarnya berusaha menipu atau mendesak penggunanya untuk membeli program tersebut dengan cara menganggu, menampilkan pesan yang tidak benar tentang kondisi komputer, menampilkan hasil scan yang tidak benar dan sejenisnya. Terkadang aplikasi ini ter install tanpa sepengetahuan pengguna atau tanpa ijin.

Jika melihat tampilan contoh-contoh diatas, mungkin tidak terpikir jika produk-produk tersebut merupakan produk yang harus diwaspadai. Masing-masing produk tersebut mempunyai tingkat atau level bahaya yang berbeda-beda.

Meski sebagian mungkin hanya menampilkan pesan agar membeli program tersebut, tetapi sebagian lainnya mempunyai tingkat bahaya yang cukup tinggi, seperti membuka celah keamanan komputer, menganggu koneksi jaringan, modifikasi file sistem, mengumpulkan informasi pribadi, menggunakan banyak resources CPU/Memory komputer dan sebagainya.

Jika di komputer terdapat salah satu program diatas atau antivirus yang belum dikenal (asing / belum terpercaya), maka sebaiknya program tersebut di uninstall. Berbagai informasi tentang software sejenis juga dapat ditemukan di alamat http://sunbeltblog.blogspot.com.